Kamis, 21 April 2011

Teh Minuman Semua Kalangan


Teh. Itulah nama minuman yang banyak diminati oleh para konsumen, baik didalam negeri maupun di luar negeri. Di Indonesia sendiri, penghasilan teh sudah terkenal. Bahkan pembuatan teh di Indonesia termasuk penghasil teh terbaik sehingga teh buatan Indonesia telah di ekspor ke luar negeri seperti India, Amerika terutama Jepang.

Tetapi kebanyakan konsumen teh, tidak mengetahui asal usul teh tersebut terutama konsumen yang tinggal didaerah perkotaan. Biasanya konsumen hanya tahu teh berwarna coklat dan wangi ketika diminum. Teh biasa digunakan sebagai minuman hidangan para tamu maupun minuman pokok yang biasa dikonsumsi ketika makan. Karena rasa teh itu wangi, membuat alasan tersendiri bagi para konsumen untuk mengkonsumsi teh baik anak-anak maupun orangtua.

Proses pembuatan teh sangat menarik untuk dipelajari. Tetapi kebanyakan dari para kosumen tidak ingin mengetahuinya. Ada salah satu daerah yang berada di Indonesia yang terkenal dengan pembuatan tehnya, salah satunya yaitu Daerah Perkebunan Teh Malabar yang terdapat di Pangalengan, Bandung Selatan. Selain bisa mempelajari jenis-jenis teh, kita juga bisa mencoba bagaiman memetik daun teh dengan baik dan benar. Ternyata dari satu pohon teh, tedapat bergbagai macam asal-usul jenis teh yang terletak pada pucuk daun teh tersebut. Disetiap satu pohon teh terdapat 3 pucuk daun teh yang terletakpaling atas beserta tangkainya. Dari ketiga pucuk daun tersebut dan tangkainya, terdapat 5 jenis teh yang bisa dibuat. Kebanyakan dari konsumen tidak mengetahui hal ini.

Pucuk pertama, yaitu pucuk yang terdapat ditengah dan bentuknya paling kecil. Tetapi pucuk pertama ini adalah teh yang paling baik digunakan karena paling harum. Pucuk kedua, yaitu pucuk yang bentuknya sedang. Pucuk kedua ini memliki rasa harum yang sedang. Pucuk ketiga, yaitu pucuk yang ukurannya paling besar. Tetapi tidak lebih harum dari pucuk kedua. Serta tulang daun teh, yaitu rasanya lebih pahit dari kegita jenis pucuk daun.

Atas dasar inilah peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang beragam jenis teh dari satu jenis pohon teh.

APAPUN MAKANANNYA MINUMANNYA TETAP TEH.....!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar